Wednesday, August 17, 2016

Manusia yang Disukai dan Dibenci Iblis

Ibli selalu saja menggoda manusia sampai hari kiamat. Dan hal tersebut sudah menjadi janji Iblis, serta pengikut-pengikutnya.

Sebenarnya posting ini sudah pernah saya singgung di artikel yang berjudul "Curhat Iblis kepada Nabi Yahya".

Misal saja jin yang bernama Tuyul. Mereka terang-terangan membeberkan jati dirinya hingga bagaimana mereka menzalimi manusia. Meskipun yang tuannya sudah meninggal, namun tetap saja anak cucunya ikut merasakan akibat dari kezaliman ini.

Bisa disimak di berbagai media tentang artikel yang satu ini. Iblis dan bala tentaranya pasti akan sekuat tenaga menyesatkan meskipun berdalih pura-pura baik. Sebenarnya siapa saja yang paling disukai Iblis dan siapa yang paling dibencinya.


Dalam suatu riwayat yang diceritakan dalam kitab Aakamul Marjan juga dijelaskan melalui Ibn Abi Dunya dengan sanadnya dari Abdillah bin Khuaibiq.

Ketika iblis bertemu dengan Nabi Yahya a.s, Nabi Yahya berkata,
"Hai iblis, kabarkanlah kepadaku manusia yang paling kamu senangi dan yang paling kamu benci."
Iblis tidak dapat melarikan diri dari pertanyaan itu, hingga dijawabnya dengan jujur.




"Manusia yang paling aku senangi adalah seorang mukmin yang bakhil dan manusia yang paling aku benci adalah mereka yang dermawan," jawab iblis.

"Kenapa begitu, katakanlah wahai iblis," ujar Nabi Yahya a.s.
"karena orang yang bakhil itu, bakhilnya mencukupi kepadaku (menyesatkan manusia), dan orang yang dermawan itu, aku khawatir Allah memperlihatkan kedermawanannya lantas menerimanya," jawab iblis.





"Andai bukan karena engkau Wahai nabi Yahya kekasih Allah, aku tidak akan mengabarkannya," ujar iblis lebih lanjut.

Setelah itu, iblis pergi dari hadapan Nabi Yahya a.s. Itulah orang yang sangat dibenci oleh Iblis serta orang yang sangat disukainya.

Popular Posts